7 Nov 2011

SIMPUL / KNOTS

Salam Lestari teman-teman ‘pembaca’ yang super!!! Disini kami sekadar berbagi pengetahuan tentang macam-macam simpul dasar yang sering digunakan di SRT (Single Rope Technique) ataupun Caving (susur gua). Selamat membaca, selamat memahami, dan selamat berlatih membuat simpul

1. FIGURE OF EIGHT KNOT
Merupakan simpul yang umum digunakan untuk tambatan/anchor, memiliki breaking strength 65-75 %, kesalahan dalam membuatnya akan mengurangi kekuatan hingga 10%, mudah diteliti, dan mudah dilepas setelah dibebani.
 













2. BUTTERFLY KNOT

Dapat digunakan sebagai tambatan / anchor  Y, untuk menghilangkan friksi ditengah  tali, untuk membuat anchor pada lintasan traverse (melintang), memiliki breaking strength 60 – 70%



















3. DOUBLE FISHERMAN KNOT




DOUBLE FISHERMAN digunakan untuk menyambung tali, memiliki breaking strength 85 – 95%, triple fisherman memiliki breaking strength 80-100%.







4. BOWLINE KNOT
 Untuk backup anchor, memiliki breaking strength 65 – 70 %.











5. PLAYBOY KNOT
Untuk membuat anchor Y, memiliki breaking strength 65 – 75%, dapat diatur panjang/pendek loopnya. Merupakan anchor yang ideal untuk membuat main anchor dalam caving.


6. TAPE KNOT
Digunakan untuk menyambung webbing, memiliki breaking strength 55 – 65%.



7. SIMPUL SEMBILAN
Bagus digunakan untuk anchor rescue, memiliki breaking strength 70 – 85%. Biasanya digunakan untuk tali dengan diameter kecil.



2 komentar:

Aldofla mengatakan...

cmiwwww, ilmu di plantagama di postkan, nice info boss

Love Maudy mengatakan...

selain simpul-simpul buat main rope, ilmunya srt dan caving di share masbroo
:-D

Posting Komentar

Twitter Facebook

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes