16 Nov 2011

TRANSPLANTASI KARANG

Transplantasi karang merupakan upaya pencangkokan atau pemotongan karang hidup untuk ditanam ditempat lain atau ditempat yang karangnya telah rusak, sebagai upaya rehabilitasi. Saat ini transplantasi karang juga telah dikembangkan lebih jauh untuk mendukung pemanfaatan yang berkelanjutan. Bentuk pemanfaatan transplantasi karang antara lain untuk mengembalikan fungsi ekosistem karang yang rusak sehingga dapat mendukung ketersediaan jumlah populasi ikan karang di alam. Transplantasi karang juga dimanfaatkan untuk membuat lokasi penyelaman (dive spot) menjadi lebih indah dan menarik sehingga dapat mendorong kenaikan jumlah wisatawan. Selain itu transplantasi karang juga dimanfaatkan untuk memperbanyak jumlah indukan dan anakan karang yang laku dipasarkan sehingga dapat mendukung perdagangan karang, sesuai peraturan yang berlaku.
 

Transplantasi merupakan suatu cara efektif untuk menumbuhkan terumbu karang, meski butuh waktu yang lama. Pertumbuhan karang hasil transplantasi berkisar antara 6-24 cm/bulan. Pemilihan lokasi, jenis karang yang ditransplantasi, kesiapan masyarakat pengelola dan kualitas perairan, merupakan kunci keberhasilan transplantasi karang. 
Contoh daerah di Indonesia yang terkenal memiliki terumbu karang terbaik di dunia adalah Raja Ampat, Bunaken, atau Wakatobi. Salah satu daerah yang menjadi salah satu tujuan wisata asing yang dilestarikan, tapi ada saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab merusak ekosistem terumbu karang disana, lalu bagaimana cara menanggulanginya. Berikut ini merupakan satu upaya konservasi yang perlu dilakukan dan disosialisasikan. 

Media
Media untuk transplantasi terumbu karang biasanya berpipa dan berlubang/kerucut, pemilihan media ini agar ikan-ikan masih dapat berenang bebas disekitar media tersebut, pipa yang dipasang berfungsi untuk mengikat karang kecil

Berikut adalah contoh-contoh gambar media untuk tranplantasi:







Untuk kali ini metodenya menggunakan media semen atau cor yang dicetak sedemikian rupa. Pertama disiapkan media penanaman terumbu karang yang berupa cor-coran sedimen berbentuk kerucut. Media tersebut dapat dicetak di pantai dan di bagian tengah di pasang pipa PVC atau botol bekas. 
Fungsi pipa yang di pasang di bagian tengah tersebut adalah sebagai tempat untuk mengikat terumbu karang anakan yang akan ditumbuhkan. Bentuk kerucut berfungsi agar media dapat bertahan dari arus laut yang sangat kuat sehingga dapat tetap berdiri dan tidak mengganggu terumbu yang ditumbuhkan di media tersebut. Adapun fungsi lainnya adalah agar ketika penyusunan media menjadi blok-blok transplantasi terdapat ruang gerak bagi ikan-ikan. Sehingga ikan dapat memiliki tempat hidup, meskipun terumbu karang belum tumbuh

*Media transplantasi yang telah diatur menjadi suatu blok-blok transplantasi

Langkah selanjutnya adalah pengikatan terumbu karang anakan di media transplantasi. Misalnya pada gambar di bawah dapat dilihat proses pengikatan salah satu jenis terumbu karang yaitu Acropora sp. sedang diikat di media transplantasi. Pengikatan dilakukan dengan menempelkaan terumbu karang di bagian pipa atau kaleng bekas dengan mengikat menggunakan kabel tip berwarna putih. Jenis karang lain yang digunakan dalam kegiatan transplantasi, yaitu jenis karang yang hidup dan tersedia di masing-masing lokasi kegiatan. Berdasarkan data inventarisasi DKP (2002) beberapa alternatif jenis karang tersebut antara lain : Acrophora tenuis; A. formosa; A. hyancinthus; A, difaricata; A. nasuta; A. yongei; A. digitifera; dan A.glauca.

*Proses pengikatan terumbu karang anakan pada medium transplantasi

*Pengecekan ikatan terumbu karang anakan transplantasi

*Cara pengikatan pada media

Setelah semua media transplantasi telah diikat dengan terumbu karang yang ingin ditumbuhkan, maka media transplantasi tersebut dibiarkan dalam perairan laut selama lebih kurang 3-6 bulan agar terumbu karang anakan tersebut dapat tumbuh. Setelah beberapa bulan, terumbu karang yang ditransplantasi akan tumbuh dan ikan-ikan serta hewan laut lain dapat menjadikan daerah sekitar media transplantasi sebagai habitatnya yang baru, seperti terlihat pada gambar berikut ini.

 
 *Terumbu karang transplantasi mulai tumbuh

*Jenis ikan yang bermain di daerah terumbu karang hasil transplantasi

Jika terumbu karang sudah tumbuh dengan baik dan mulai dewasa, ikan-ikan laut yang termasuk kategori ikan hias akan semakin banyak muncul dan terlihat sangat senang bermain di daerah terumbu karang hasil transplantasi tersebut. Jika terumbu karang sudah sangat dewasa dan tumbuh serta berkembang dengan sangat baik, maka ikan-ikan akan semakin banyak muncul dan jenis ikan yang muncul akan semakin beraneka ragam.



*Ikan-ikan menjadikan daerah terumbu karang hasil transplantasi sebagai habitat baru
>>Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan transplantasi karang 
Penyediaan bibit karang dilakukan secara hati-hati dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
Sistem perwakilan plot koloni diambil tidak lebih 1/8 bagian dari plot koloni; tidak merusak koloni; sesuai dengan MSY (potensi) di alam/lokasi; pengangkutan bibit dilakukan di dalam air dan dilaksanakan secara hati-hati; diambil dari lokasi yang berdekatan dengan lokasi penempatan media pembibitan; mempunyai kedalaman perairan yang sama dengan kedalaman penempatan media pembibitan; dipilih dari jenis karang yang sehat dan mempunyai pertumbuhan cepat.
Sedangkan cara pemotongan bibit karang dilakukan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Bibit karang dipotong dari induk yang besar, sehat dan mempunyai pertumbuhan yang cepat; bibit dipotong dengan panjang lebih kurang 7 cm dengan menggunakan alat pemotong karang yang sesuai; bibit diambil pada bagian tunas atau bagian termuda dari induk; volume pengambilan bibit dari induk tidak boleh melebihi 1/8 bagian dari bagian induk sehingga tidak mengganggu pertumbuhan induk.
Pada pengikatan bibit pada substrat, perlu diperhatikan :
a.       Pengikatan bibit dilakukan didalam air, dengan harapan karang yang ditransplantasi tidak/sedikit mengalami stres).
b.      Pada pengikatan, bibit diikat seerat mungkin dengan menggunakan tali pancing atau klem plastik
c.       Bagian bawah bibit menempel pada substrat dengan posisi tegak terikat erat dengan patok substrat.


Batu karang bisa terkena stress juga karena dia termasuk hewan. Untuk mengurangi stress, karang yang akan ditransplantasi dilepaskan secara hati-hati dan ditempatkan dalam wadah plastik berlubang serta proses pengangkutan dilakukan di dalam air. Sebaiknya operasi ini hanya menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit setiap tumpukan karang yang akan dipindahkan. Beberapa teknik untuk melekatkan karang yang ditransplantasi adalah semen, lem plastik, penjepit baja, dan kabel listrik plastik.





13 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasih informasinya sangat membantu sekali tentang penanaman terumbu karang ini, saya rencana ingin mencobanya di pulau-pulau yg ada di kota padang, saya sangat menyukai free diving dan snorkeling, saya melihat kalau terumbu karang ditempat saya sangat meprihatinkan sekali.

sandhi mengatakan...

Syukurlah bung... saya juga senang blog saya memberi manfaat..

Unknown mengatakan...

trima kasih informasinya.. saya juga rencana mau adakan transplantasi terumbu karang didaerah Barru. karang disana banyak yang sudah mati. kasihan..

helmi muchsen mengatakan...

thanks atas informasi,...sungguh bermanfaat, kami dari white dolphine sulawesi tengah akan mengadakan kegiatan transplantasi di obwis tanjung karang Donggala,.....

Unknown mengatakan...

saya ada rencana transplantasi trumbu karang di kep. seribu. ada kah pihak2 yang dapat membantu mengenai perhitungan biaya serta teknis pelaksanaan?

Unknown mengatakan...

Bisah gak ya kalau mengembang biakan terumbu karang di akuarium atau di kolam buatan hanya untuk sementara . Karena tempatku cukup jauh dr lautan. Jd kalau sudah bs tumbuh baru dibawa ke laut. Aku hanya memelihara ikan air laut saja di akuarium.

Unknown mengatakan...

Untuk media transplantasi dari beton cor adakah komposisi campurannya???

Unknown mengatakan...

Untuk media transplantasi dari beton cor adakah komposisi campurannya???

21 Februari 2018 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
21 Februari 2018 mengatakan...

Terimakasih informasinya.
Sangat membantu proses pelaksanaan kegiatan transplantasi karang yg sedang kami lakukan

Unknown mengatakan...

pernalkan sy andy kefi dr TN Komodo juga berencana akan melakukan keg transplantasi disalah satu desa dlm kwsn, smoga berhasil

Unknown mengatakan...

Mhn bantuanx...melalui mskn2 serta edukasi2 yg mngkin kami blm tau... 082242707977
Utk penulisan ref. Akan ttp kami pakai sbg sumber... Tq

dimaumeresaja mengatakan...

Terima Kasih
Sangat membantu
Sskarang waktunya action

Posting Komentar

Twitter Facebook

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes